Gerakan Unmul Mengajar, Berlanjut ke Kabupaten Kukar

Published: Rabu, 10 Agustus 2016 dibaca 146

Setelah melakukan kegiatan yang sama dibeberapa tempat, Gerakan Unmul Mengajar (Unjar) kembali digelar mahasiswa – mahasiswi terbaik Kampus Gunung Kelua. Kali ini kegiatan berlangsung di SDN 036 Bengkinang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Sabtu, (08/10). Sebelumnya, Unjar Goes To School sukses di gelar pada daerah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kota Samarinda.

“Unjar Goes To School  sudah terselenggara kali ketiga, sekaligus merupakan Goes To School atau GTS terakhir kami karna selanjutnya kami akan melakukan Unjar Back To School atau BTS. Jadi kita akan kembali lagi ke sekolah yang pernah kita kunjungi dengan membawa hal yang lebih berbeda seperti memberikan barang atau kebutuhan disana. Memang kegiatannya BTS ini tidak meriah namun setidaknya kita tidak sekedar pergi saja tanpa ada followupnya” urai Project Officer Gerakan Unmul Mengajar 2016 Kwartanti Fajriatin, dalam rilisnya yang dikirimkan ke Humas Unmul.

Lebih jauh, diakuinya kegiatan ini sedikit berbeda dari sebelumnya. Jika pada kegiatan yang lalu dipaparkan Materi Motivasi belajar disampaikan oleh para relawan yang disebutnya Pengajar Mulawarman, kini Unmul Mengajar akan menghadirkan para pemateri dari luar kampus.

 

“Materi Motivasi Belajar oleh Ramadhan Sakti Nasution yang membawakan sebuah cerita motivasi dan Materi Inspirasi oleh Adi Panca yang merupakan seorang wartawan, reporter dan sekaligus pembawa berita di salah satu TV Samarinda,”jelasnya.

Sebuah pengalaman yang berkesan diceritakan Kwart, setelah selesai melakukan kegiatan belajar mengajar tim pengajar Unmul kembali diminta untuk kembali hadir mengajar. “Jarak bukan penghalang untuk kita bermanfaat meski perjalanan 2 jam namun lelah kita terhapuskan setelah bersama siswa disana,” tambahnya.

Selain materi motivasi, Unjar Goes To School kali ini mengadakan Bedah Perpus. Perpus SDN 036 Bengkinang yang awalnya kotor dan penuh debu, kini di dekorasi sedemikian rupa sehingga suasana menjadi nyaman. Bedah perpus dimulai dari pengecatan ruangan, pengecatan rak buku, menyusunan buku paket , dekorasi ruangan dengan penempelan poster poster serta penyortiran buku yang tidak layak dipakai.

Tidak ketinggalan, ice breaking dan games edukasi untuk siswa-siswa dilakukan guna menghibur dan memberi semangat. Seperti diketahui, tujuan awal Unjar Goes To School ialah memotivasi siswa di SD sekaligus refreshing guna mengatasi kejenuhan pengajar mulawarman yang setiap akhir pekan harus mengajar di titik Aksi Nyata yaitu wilayah Batu Cermin dan Mangkupalas Samarinda.

Dengan adanya kunjungan ke sekolah-sekolah diharapkan para Pengajar Mulawarman banyak belajar serta menambah semangat untuk berkuliah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 036 Bengkinang, mengapresiasi tinggi apa yang sudah dilakukan para mahasiswa, kegiatan seperti ini dianggapnya sangat baik sekali, apalagi dilakukan langsung oleh mahasiswa.  “Jarang sekali ada anak muda seperti ade ade unmul ini yang datang jauh dari Samarinda ke sekolah pedalaman untuk memberikan semangat dan memotivasi bahkan bekerja keras serta ikhlas mengubah ruang perpustakaan yang kotor dan tidak tertata menjadi rapi, bersih dan indah” ujar Mardiana Kepala Sekolah SDN 036 Bengkinang. (hms/frn)