JCO : Nyobain Enaknya KOKO MANGO Samarinda Square

Published: Jumat, 28 November 2017 dibaca 175

Hai guys.. Apa kabar niii...? Selalu baik dong yahh hehe.. Kali ini kami sudah melakukan kunjungan sekaligus wawancara ke salah satu usaha minuman yang lagi hitz banget nihhh.. Kira-kira apaan yaa? Nah, kali Departemen Infokom sudah melakukan kunjungan ke Koko Mango…

Koko Mango adalah salah satu produk minuman menyajikan jus manga dengan manga pilihan serta ditambahkan whipe cream dan ditambah topping potongan manga. Koko mango ini merupakan usaha yang dimiliki oleh 3 orang. Kali ini saya akan mewawancarai salah satu pemiliknya yaitu Mba Fitriani Sariningrum. Berikut adalah hasil wawancara kami.

Sejak kapan Koko Mango ini mulai berdiri ?

Sekitar bulan Agustus 2017.

Bagaimana sejarahnya Koko Mango ini sampai bisa berdiri sampai sekarang ini ?

Awalnya berniat hanya untuk membawa sesuatu yang lagi ngetrend diluar kota. Terlepas dari siapa yang terlebih dahulu membawa jenis minuman ini ke Samarinda, saat kemunculan Koko Mango ini langsung diterima di pasaran dengan baik. Sebelumnya, memang ada usaha yang memperdagangkan jenis minuman manga seperti ini, tetapi tidak cuma fokus pada manga saja melainkan juga buah yang lainnya. Nah, kalau kami lebih memfokuskan pada mangga saja. Kami tidak bisa bilang bahwa kami yang membawa usaha ini ke Samarinda, tetapi bisa dibilang bahwa Koko Mango yang mempopulerkan jeni minuman manga ini.

Apa yang menginspirasi Mba dalam membuka usaha Koko Mango ini ?

Inspirasinya adalah karena adanya peluang dan kami mencoba untuk mengambil peluang itu.

Sudah ada berapa cabang dari Koko Mango ini ?

Ada 3 cabang, yang pertama di Big Mall, yang kedua di Samarinda Square, dan yang ketiga di Samarinda Central Plaza.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   

Siapa saja yang turut membeli Koko Mango ini ?

Semua kalangan, baik itu bayi, balita, anak-anak, remaja maupun dewasa karena disini pelanggan bisa request baik itu yang full mangga, tanpa gula, atau tanpa es, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan

Berapa jumlah gelas yang dapat terjual dalam sehari ?

Fluktuatif, karena disini kami mempunya 3 outlet serta jumlah yang terjual berbeda antara weekday dan weekend. Weekend bisa mencapai sebanyak 3 kali lipat dari pencapaian pada saat weekday. Kalau di kalkulasi, bisa mencapai 200an gelas untuk weekday.

Berapa jumlah karyawan sampai saat ini, Mba ?

Ada 13 orang, itu sudah termasuk freelance dan sudah mencakup 3 outlet.

Apakah ada kriteria khusus untuk menjadi karyawan di Koko Mango ?

Tidak ada, tetapi yang jelas diutamakan untuk karyawan yang belum terikat dalam pernikahan dan siap untuk kerja full day, kecuali pada saat bazar dibutuhkan freelance.

Apa saja kendala atau hambatan dalam menjalankan usaha ini ?

Kendala yang pertama yaitu kualitas mangga yang tidak menentu. Terkadang kami mendapat pasokan mangga yang kecut, kematangan, atau bahkan busuk. Kendala yang kedua yaitu terkadang kehabisan packaging.

Dalam menjalankan usaha, pernah nggak Mba mengalami kerugian ?

Kalau rugi itu tidak, hanya saja omset yang didapat tidak selalu stabil. Kadang naik kadang turun.

Apakah Mba memiliki usaha lain selain Koko Mango ini ?

Sebelum Koko Mango, ya saya punya. Tapi kalau untuk sekarang tidak ada, saya ingin fokus pada Koko Mango.

Apakah ada rencana untuk menambah menambah varian rasa ?

Untuk saat ini belum ada, karena kami masih ingin fokus pada ke satu rasa dahulu setelah dirasa varian ini melekat di hati pelanggan, barulah kita memikirkan varian rasa yang lain.

Yang terakhir, apa harapan Mba untuk mahasiswa agar mau untuk berwirausaha ?

Intinya, mahasiswa kalau mau usaha tetap ada ilmunya, baik itu untung ataupun rugi. Jadi, kalau mahasiswa mau usaha harus punya dasar atau landasannya. Serta harus berani dalam menghadapi situasi apapun baik untung mau pun rugi.

Yah itu tadi wawancara yang sudah kami lakukan dengan salah satu pemilik Koko Mango yaitu Mba Fitriani Sariningrum. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua dan juga semoga dapat membuka pikiran kita untuk bisa memulai berbisnis.

Buat teman-teman semua terima kasih sudah mampir kesini dan membaca artikel ini. Jangan bosan-bosan yaa dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya. See you J