JCO : Roti Gembong Juanda

Published: Jumat, 10 Oktober 2017 dibaca 6

Hai guys.. Apa kabar niii...? Pastinya baik dong yahh hehe.. Kali ini kami sudah melakukan kunjungan sekaligus wawancara ke salah satu usaha makanan yang lagi hitz banget nihhh.. Kira-kira apaan yaa? Nah, kali Departemen Infokom sudah melakukan kunjungan ke Roti Gembong Juanda.

Roti Gembong Juanda adalah salah satu usaha makanan yang sudah ada sejak dahulu tetapi dengan tampilan dan rasa yang kekinian. Beberapa waktu lalu kami sudah mengunjungi owner dari Roti Gembong Juanda yaitu Pak Juni Ananda.

Berikut hasil wawancara kami :

Sejak kapan Roti Gembong Juanda mulai berdiri ?

Awalnya mulai coba-coba resep roti sekitar Februari 2015.

Bagaimana sejarahnya sampai Roti Gembong Juanda ini bisa berdiri ?

Awalnya terinspirasi dari siaran di televisi swasta mengenai kuliner roti di Medan sekitar tahun 2015. Pengunjungnya sangat ramai, bahkan belum buka pun sudah dipadati pengunjung. Istri saya terinspirasi untuk melakukan hal yang serupa karna sebelumnya kami pun sempat memiliki usaha di bidang kuliner juga. Lalu, kami mulai mencari resep dimana saja, baik itu dari internet, dari buku ataupun dari komunitas kuliner yang diikuti oleh istri saya. Setelah kami mendapat resepnya, kami kembangkan dan bertahan sampai sekarang. Awalnya, roti tersebut kita bagikan ke tetangga-tetangga dan keluarga terdekat saja untuk mengukur apakah roti yang kami buat layak dijual atau tidak. Pertama kali kami jualan melalui media online, yaitu via Blackberry (BBM). Lalu seiring berkembangnya zaman bertambah akun media sosial di Facebook yaitu Roti Gembong Juanda. Akhir Oktober 2015, kami membuka outlet pertama di Jalan Juanda 8.

Biasanya kalangan mana yang paling banyak membeli Roti Gembong Juanda ini ?

Kebanyakan mama muda yang beli, karena biasanya mereka juga turut membelikan untuk suami dan anaknya.

Dalam sebulan, Roti Gembong Juanda ini berhasil menjual berapa buah roti ?

Dalam sebulan biasanya sekitar 2000an roti.

Sebelum memiliki usaha ini, adakah usaha lain yang pernah dirintis ?

Ada, sekitar 8 usaha. Tapi sudah tidak lagi. Sekarang fokus ke Roti Gembong Juanda ini.

Apa saja kendala yang Bapak alami selama menjalankan usaha ini ?

Kendala utamanya adalah SDM, misalnya ada yang keluar, entah itu karena tidak cocok dengan gajinya, ada juga yang menganggap pekerjaan ini sebagai beban, atau ada karyawan yang belum menyesuaikan diri dengan lingkungan disini.

Apa saja persyaratan untuk menjadi karyawan di Roti Gembong Juanda ?

Tergantung posisinya, kalau untuk bagian produksi, kasir ataupun pelayan tidak perlu syarat yang banyak, yang penting mereka harus jujur, disiplin, dan inisiatif. Tetapi, berbeda dengan bagian HRD yang ada lulusan standarnya, punya pengalaman berkerja, serta mengerti mengenai keuangan.

Apakah disini disediakan jasa pesan antar untuk pemesanan Roti Gembong Juanda ?

Ya, kami menyediakannya.

Sampai saat ini, Roti Gembong Juanda sudah memiliki cabang dimana saja ?

Roti Gembong Juanda sudah ada di Jalan Juanda 8, Jalan Juanda 3, Jalan Pramuka, Jalan Pasundan, di Depan Big Mall.

Apakah Roti Gembong Juanda sudah ada tersebar di luar Samarinda ?

Saat ini belum, kami masih fokus di Samarinda.

Apakah nama Roti Gembong Juanda memiliki arti khusus didalamnya ?

Tidak ada, saya hanya melestarikan nama yang sudah ada sejak saya kecil, yaitu Roti Gembong. Untuk membedakannya, saya tambahkan kata Juanda untuk menjadi mereknya.

Varian rasa apa saja yang tersedia di Roti Gembong Juanda ?

Disini ada 7 rasa, yaitu cokelat, srikaya, keju, pandan, cokelat keju, srikaya keju, pandan keju. Pandan merupakan varian rasa terbaru yang kami buat.

Yah itu tadi wawancara yang sudah kami lakukan dengan pemilik Roti Gembong Juanda yaitu Pak Juni Ananda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua dan juga semoga dapat membuka pikiran kita untuk bisa memulai berbisnis.

Buat teman-teman semua terima kasih sudah mampir kesini dan membaca artikel ini. Jangan bosan-bosan yaa dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya. See you J