Press Release Selasar Dedikasi Spesial HUT Pemprov Kaltim ke-62

Published: Sabtu, 13 Januari 2018 dibaca 67

Salam Dedikasi!

Selasa, 9 Januari 2018 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berusia 61 tahun. Sudah 11 Gubernur silih berganti memimpin Provinsi yang kaya akan sumber daya alam. Sejak tahun 1956 kepemimpinan APT Pranoto sampai tahun 2018 ini dijabat oleh Gubernur Awang Faroek Ishak. Dan bertepatan dengan Hut Pemprov kali ini, BEM FEB Unmul sebagai mitra kritis pemerintah dalam hal perekonomian Kaltim mengadakan diskusi Selasar Dedikasi

Selasar Dedikasi kali ini membahas beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di tahun 2018. Faktor yang menentukan tersebut adalah APBD, Nasionalisasi Blok Mahakam dan Pilgub Kaltim 2018. Faktor - faktor ini yang mempengaruhi kondisi perekonomian tahun 2018. Tentu ketiga Faktor ini menjadi dasar untuk merealisasikan pembangunan yang menjadi pekerjaan rumah bagi kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak untuk mewujudkan Provinsi Kaltim menjadi provinsi yang maju sesuai tertuang dalam Visi.

Kalimantan timur memang tak terlepas dari masalah. Permasalahan yang manajemen anggaran kerap kali menjadi keluhan. Ini terjadi karena ekspansi pendapatan Karena semakin tua daerah sejatinya tidak berbanding lurus dengan perencanaan yang membutuhkan dana lebih. Banyak sekali masalah yang solusinya bergantung dengan besaran APBD Kaltim, mulai dari persoalan banjir di samarinda yang masih menjadi bencana langganan warga ibukota Kaltim, jalanan kabupaten/kota yang masih rusak serta pembangunan infrastruktur fisik masih belum kunjung selesai.

Setelah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kalimantan Timur Tahun 2018 diketok palu sebesar Rp. 8,541 Triliun maka alokasi dari anggaran sebesar itu sangat menentukan arah pembangunan Kaltim ke depan, dengan alokasi belanja pegawai sebesar Rp. 1,673 Triliun dan untuk belanja dana hibah sebesar Rp. 1,047 Triliun. Dari dua alokasi tersebut bisa disimpulkan bahwa prioritas anggaran akan lebih banyak ke alokasi pegawai daripada  alokasi kebutuhan publik, akibatnya APBD yang seharusnya bisa untuk memuci pertumbuhan  ekonomi yang tinggi tidak tercapai karena anggaran fiskal sendiri tidak diprioritaskan untuk medukung laju pertumbuhan ekonomi.

Untuk selengkapnya notulensi Selasar Dedikasi bisa cek link berikut ini:
http://Bit.ly/NotulensiSelasarDedikasi2

Dirgahayu Pemerintah Provinsi Kaltim !

Perbaikan akan terus digaungkan untuk masyarakat Kaltim lebih sejahtera !

Abadilah Perjuangan !
Hidup Bumi Etam !
Hidup Rakyat Indonesia !

Salam,
Departemen Kajian dan Aksi Strategis
BEM FEB Unmul 2018
"Aksi Visioner, Gerakan Rasional"

-------------------------------------------------------

Narahubung:
+6285250245065 (Freijae Rakasiwi)
+6282254194260 (Verdanica Desta)


-------------------------------------------------------
32/I/DK/18