Yuk Kenalan dengan Utang Obligasi

Published: Minggu, 27 Mei 2018 dibaca 117

Yuk Kenalan dengan Utang Obligasi

Apa itu obligasi? Obligasi merupakan surat utang jangka panjang yang berisi janji dari pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut.

Obligasi banyak jenisnya, salah satunya jenis obligasi berdasarkan waktu jatuh tempo, yaitu Obligasi Biasa (Term Obligasi) dan Obligasi Berseri (Serial Bond). Selain itu terdapat jenis obligasi lain, yaitu obligasi yang dapat dikonversikan dan obligasi yang tidak dapat dikonversikan. Seiring perkembangan waktu, bentuk obligasi kini tidak hanya berbentuk surat atau sertifikat, tetapi tersedia dalam bentuk elektronik.

Obligasi biasanya diterbitkan perusahaan karena kebutuhan dana dalam jumlah besar yang  tidak dapat dipenuhi dari akumulasi laba ditahan maupun dari utang bank. Masa jatuh tempo obligasi biasanya lebih dari satu tahun (>1 tahun), sehingga jika obligasi diterbitkan perusahaan akan menimbulkan utang obligasi yang dikelompokkan dalam utang jangka panjang.

Dalam obligasi jika terjadi penjualan dengan harga jual lebih besar atau lebih kecil dari nilai nominal akan menimbulkan agio atau disagio obligasi. Jika terjadi disagio akan ditambahkan pada biaya bunga obligasi yang dibayarkan selama umur obligasi dan dikreditkan ke rekening disagio obligasi, sebaliknya jika terjadi agio akan dikurangkan pada biaya bunga obligasi yang dibayar selama umur obligasi dan dikreditkan ke rekening biaya bunga obligasi. Amortisasi agio atau disagio dilakukan dengan garis lurus atau bunga efektif.

Jurnal yang diperlukan dalam obligasi terdiri dari empat pencatatan, yaitu pada saat penjualan, pembayaran bunga, penyesuaian, dan pelunasan.

Jika dibandingkan antara saham dan obligasi, biasanya investor lebih memilih investasi saham karena dana yang diperlukan lebih rendah daripada obligasi. Dalam segi keuntungan jika investasi obligasi hanya diandalkan pada bunga, lain halnya dengan saham dikenal istilah capital gain yang merupakan keuntungan dari penjualan saham dibandingkan nilai beli saham.

Dalam hal pelaporan akun utang obligasi akan dilaporkan dalam neraca berdasarkan nilai nominal, sementara agio atau disagio akan mengurangi atau menambah nilai utang obligasi tersebut.