SEMINAR NASIONAL AKUNTANSI

Published: Minggu, 07 Mei 2017 dibaca 537

SEMINAR NASIONAL

 

Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Mulawarman menyelenggarakan acara:

SEMINAR NASIONAL:

DAMPAK KEBERHASILAN TAX AMNESTY TERHADAP KESADARAN WAJIB PAJAK DAN PENGUATAN OTORITAS PAJAK

 

Realisasi Pajak di Kalimantan Timur sampai November 2016 hanya mencapai 58,28%. Sementara itu, terkait dengan program Tax Amnesty, dana tebusan aset wajib pajak sampai periode I tercatat sebesar Rp983 Miliar dari 7.286 WP yang artinya hanya 1,8% Jumlah WP yang berpartisipasi dalam program Tax Amnesty di propinsi Kalimantan Timur.

Upaya meningkatkan realisasi pajak tengah dikaji oleh pemerintah melalui pembentukan opsi dua lembaga baru yakni Badan Otoritas Pajak dan Badan Penerimaan Negara. Badan Otoritas Pajak direncanakan akan fokus pada penerimaan pajak, sementara Badan Penerimaan Negara yang merangkum sektor pajak, kepabeanan dan cukai, serta Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), termasuk di dalamnya penerimaan negara dari sektor migas dan pertambangan. Pembentukan kedua lembaga ini diharapkan mampu meningkatkan rasio pajak sampai 15% pada tahun 2019. Badan Otoritas Pajak pada khususnya diharapkan mampu menjadi unsur baru dalam rangka penguatan otoritas pajak sehingga peningkatan realisasi pajak dapat tercapai.  

Perlu adanya tinjauan lanjutan terkait dengan dampak program Tax Amnesty dalam menginisiasi kesadaran wajib pajak akan hak dan kewajibannya. Dari sisi fiskus, adanya wacana pembentukan lembaga otoritas pajak baru yang diharapkan mampu mendorong peningkatan realisasi pajak juga membutuhkan kajian-kajian teknis sehingga benar-benar mampu berperan aktif dalam penguatan otoritas pajak. Pelibatan wajib pajak dalam pengkajian ini perlu dilakukan sehingga dapat dilakukan analisis holistik yang melibatkan pandangan dan penilaian dari kedua belah pihak, yakni fiskus dan masyarakat sebagai wajib pajak. Untuk memfasilitasi hal ini, maka dipandang perlu untuk melaksanakan Seminar Nasional dengan tema “Dampak Keberhasilan Tax Amnsety Terhadap Kesadaran Wajib Pajak dan Penguatan Otoritas Pajak”.

 

WAKTU/TEMPAT PELAKSANAAN :

Selasa, 9 Mei 2017

Gedung Rektorat Lantai 4 Universitas Mulawarman

 

 

NARASUMBER :

  1. Menteri Keuangan RI (Dr. Sri Mulyani Indrawati, M.Ec)
  2. Dirjen Pajak RI (Drs. Ken Dwijugeastiadi, Ak., M.Sc/Puspita Wulandari, SE, MM, DBA)
  3. Anggota DPR RI Komisi XI (Mukhamad Misbakhun)
  4. Kakanwil DJP Kaltim dan Kaltara (Ir. Samon Jaya, M.Si)
  5. Dosen FEB Unmul (Dr. Cornelius Rantelangi, M.M., Ak., BKP., CA)

 

PESERTA

  1. Akademisi Perpajakan
  2. Anggota Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)
  3. Konsultan Pajak
  4. Pengusaha, Sektor Publik, Sektor Swasta, Perbankan, BUMN/D
  5. Mahasiswa

 

Info lanjut :

  1. Dhina Mustika : 08195425910
  2. Ferry Diyanti : 081347697685
  3. M. Abadan Syakura 085329469908