Sejarah Singkat

SEJARAH PRODI EKONOMI ISLAM

     Bermula dari kajian Ekonomi Islam dari kelompok mahasiswa dalam wadah musholla “AN-NUR” Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. Seiring dengan perkembangan bisnis berbasis  operasional secara syariah, maka Fakultas Ekonomi Unmul merespon dengan memasukkan mata kuliah Ekonomi Islam sebagai salah satu mata kuliah pilihan di prodi Manajemen dan prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan mulai tahun 2003. Pada tahun 2006 Prodi Akuntansi juga menyusun kurikulum dengan salah satu mata kuliah pilihan Ekonomi Islam (Akuntansi syariah).

     Edukasi dan sosialisasi tentang ekonomi Islam di Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman dilakukan, bekerjasama dengan STEI Tazkia menyelenggarakan “Workshop & Dialog Ekonomi Syariah” pada tanggal 26 -28 Maret tahun 2004. Peserta workshop terdiri dari para pengajar dai Fakultas Ekonomi Unmul, dosen- dosen dari  Perguruan Tinggi se Kalimantan Timur dan perwakilan dewan pendidikan provinsi Kalimantan Timur. Nara sumber acara tersebut dari Sekolah Tinggi Ekonomi Tazkia dan Prof.Dr. H. Halide (dosen Universitas Hasanuddin Makassar).

    Pimpinan Fakultas Ekonomi Unmul bersama pimpinan Universitas Mulawarman berusaha untuk mengembangkan ilmu Ekonomi Islam dengan melakukan studi banding ke Universitas Al-Quran nur Karim  Sudan. Sebagai tindak lanjut dari studi banding tersebut mulai tahun akademik 2009 dibukalah konsentrasi Ekonomi Syariah pada prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, namun karena peminatnya kurang dari 5 mahasiswa, maka pada tahun tersebut belum terlaksana.  Melalui jalur seleksi  mandiri masuk perguruan tinggi negeri, pada  tahun akademik 2010 konsentrasi Ekonomi Syariah berjalan dengan jumlah mahasiswa 20. Tahun akademik 2011/2012 jumlah mahasiswa konsentrasi Ekonomi Syariah meningkat menjadi 60 mahasiswa, tahun 2012/2013 meningkat lagi menjadi 81 mahasiswa. Tahun 2013/2014 penerimaan mahasiswa baru dikurangi menjadi 41 mahasiswa.

    Mulai  tahun 2014/2015 penerimaan mahasiswa dilaksanakan melalui tiga jalur, yaitu: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Neger (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Mahasiswa yang diterima dengan sistem baru pada tahun tersebut adalah 82 mahasiswa, pada tahun tersebut juga menerima satu mahasiswa pindahan, sehingga jumlah masiswa angkatan 2014 menjadi 83.  Sehubungan dengan penyesuaian rasio dosen terhadap mahasiswa pada tahun 2015/2016 maka jumlah penerimaan mahasiswa baru  dikurangi menjadi satu kelas, yaitu 46 mahasiswa.  Karena alasan rasio dosen mahasiswa masih terpenuhi dan pendaftar yang besar, maka pada tahun 2016/2017 penerimaan mahasiswa baru meningkat menjadi  menjadi  70.  

    Pada awal pelaksanaan perkuliahan pada konsentrasi ekonomi syariah,  kurikulum yang disusun berdasarkan pada hasil studi banding dari Sudan dan hasil telaah dari beberapa kurikulum Perguruan Tinggi Negeri yang mempunyai konsentrasi atau program studi ekonomi syariah/Islam.  Kurikulum tahun 2010 disusun oleh tim penyusun dari jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan  Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. Semua Mata Kuliah yang ditawarkan pada kurikulum tersebut merupakan Mata Kuliah Wajib dengan jumlah SKS 156 SKS. Mempertimbangkan jumlah SKS yang banyak, ada mata kuliah yang materinya ada yang tumpang tindih, maka mulai tahun akademik 2014/2015 ada mata kuliah yang dihapus sehingga jumlah SKS menjadi 150 SKS dan diberlakukan untuk mahasiswa angkatan 2011/2012 sampai dengan angkatan 2014/2015. Pada  tahun 2015 dilaksanakan lokakarya kurikulum program studi ekonomi Islam. Peserta lokakarya terdiri dari: dosen FEB Unmul dan unsur pengguna dan praktisi (Bank Muamalat cabang Samarinda) serta Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Lokakarya tersebut menghasilkan kurikulum yang terdiri Mata Kuliah wajib dan mata kuliah pilihan dengan jumlah SKS 144SKS.

    Pengajar terdiri dari dosen Fakultas Ekonomi Unmul, Universitas Al-Qur’anul Karim Sudan, dan STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) Samarinda dan para praktisi di bidang bisnis syariah. Pengajar dari Sudan mengajar mahasiswa angkatan 2010/2011 dan 2011/2012 pada mata kuliah Ekonomi Makro Islam. Kuliah dilakukan di kelas dengan  penerjemah dari dosen Pendidikan Agama Islam dari Universitas Mulawarman lulusan Universitas Timur Tengah. Proses belajar mengajar dilakukan dalam kurun waktu selama satu bulan . Pada kesempatan tersebut beberapa dosen Fakultas Ekonomi  juga Dosen dari Sudan datang dua (empat) kali pada semester yang berbeda.