Sejarah Singkat

         Universitas Mulawarman Samarinda adalah Perguruan Tinggi Negeriyang berkedudukan di kota Samarinda Kalimantan Timur yang didirikan pada tanggal7 Juli 1962 berdasarkanKeputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Timur No. 15/PPK/KDH/1962 Kemudian pada tanggal 27 September 1962 ditetapkansebagai tanggal berdirinya Universitas MulawarmanberdasarkanSurat Keputusan Menteri PendidikanDan Ilmu PengetahuanNo.130 Tahun1962 Tanggal28 Septemberakan dikukuhkansecara resmiberdasarkanSurat KeputusanPresiden RINo.65 Tanggal23 April1963. Pada awalnyauniversitasMulawarman memiliki4 fakultas: Ketatanegaraan dan Ketataniagaan,Fakultas Pertanian,FakultasKehutanan, FakultasPertambangan berdasarkanSurat KeputusanPresidenRINo.66 Tanggal7 September1982menjadifakultas :1) Ekonomi,2) Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik,3) Pertanian,4) Kehutanan dan5) Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Aspek legal yang sekarang dijadikan landasan pendirian dan operasional Universitas Mulawarman adalah Statuta Universitas Mulawarman tahun 2004 yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.091/O/2004 tanggal 29 Juli 2004.                 Fakultas Ekonomi sebagai bagian Universitas Mulawarman  Samarinda telah melakukan pendekatan dalam mengadakan perbaikan dan peningkatan yang dititikberatkan pada fungsi manajemen terpadu. Dalam mengemban dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dituntut harus mampu memberikan kontribusi baik berupa hasil pemikiran dan terlebih lagi sumberdaya  manusia berupa Sarjana Ekonomi Khususnya bidang  ilmu Manajemen.  Peningkatan peran Perguruan Tinggi dalam peningkatan mutu sumberdaya manusia adalah  sebagai penggerak pembangunan di segala sektor yang semakin dibutuhkan.    Oleh karena itu segala proses kegiatan yang tertuang dalam Tridharma  Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat seyogyanya mengarah pada kebutuhan yang diperlukan untuk menjawab segala tantangan.   Evaluasi diri yang dilakukan Program studi S1 Manajemen  Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman melalui penilaian,  telaah dokumen, diskusi, dan analisis keseluruhan unit kerja dalam program studi yang mencakup masukan,   proses,   keluaran,   hasil   dan   dampak.   Evaluasi diri dilakukan berdasarkan data, informasi dan bukti dokumentasi, yang berkenaan dengan komponen-komponen sistemik dari penyelenggaraan program studi.  Program studi S1 Manajemen  adalah salah satu dari 9 program studi yang terdapat  di Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman, disamping program studi Doktor Ilmu Ekonomi, Ilmu Manajemen  program studi Magister Manajemen, program studi Magister Ilmu Ekonomi, program studi Sarjana Ilmu Ekonomi, Sarjana Manajemen,  Diploma 3 Manajemen dan  Pendidikan Profesi Manajemen.

Program studi S1 Manajemenmerupakan program studi yang cukup diminati di lingkungan Universitas Mulawarman. Pelaksanaan program studi ini dimulai sejak tahun 1984,didirikan  berdasarkan SK Ditjen Dikti Nomor. 1021/Dikti/Kep/1984,  tanggal  21 Agustus 1984; dan mendapatkan status  Ter-Akreditasi berdasarkan Surat Keputusan Badan  Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)  Departemen Pendidikan Nasional.didirikan berdasarkan SK Ditjen Dikti Nomor 163/DIKTI/KEP/1997 tanggal 20 Juni 1997,  dengan  Ijin  penyelenggaran berdasarkan   SK Nomor:  77/DIKTI/KEP/2007 tanggal 2 April 2007 program studi ini beralamat di Jl. Tanah Grogot No. 1 Kampus Gunung Kelua Samarinda Kalimantan Timur.

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran program studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman, disusun dengan mengacu pada Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Fakultas Ekonomi, dimana Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran, telah disahkan oleh Senat Fakutas dan dicantumkan di dalam Buku Pedoman Pendidikan  yang diturunkan dari Visi Universitas Mulawarman serta tercantum dalam Statuta Universitas Mulawarman dan Rencana Strategis Bisnis Universitas Mulawarman 2012-2016.  

Berpedoman pada Visi Universitas dan Fakultas, maka melalui proses pembentukan visi dari pengumpulan pendapat mahasiswa, dosen, para pakar, dan pengguna serta  kesepakatan rumusan dalam rapat kerja, sampai pada pengesahan dalam Rapat Senat.  Visi program studi S1 Manajemen adalah  “Menjadi program studi manajemen yang mampu menghasilkan lulusan berkualitas dan berjiwaentrepreneur dibidang ilmu manajemen”.  Dengan berpedoman pada Visi tersebut di atas, Program studi S1 Manajemen  merumuskan misi sebagai berikut; Menyelenggarakan peningkatan Sumber Daya Manusia berkualitas dan berjiwa entrepreneur melalui pendidikan ilmu manajemen dan penelitian serta pengabdian masyarakat yang aplikatif dengan kebutuhan lokal, nasional dan ineternasional.